Kamis, 04 Juli 2013

WHO NEED MANAGEMENT ?

Manajemen dibutuhkan dan diperlukan untuk semua tipe kegiatan yang diorganisir dan dalam semua bentuk kegiatan organisasi, dimana terdapat orang yang bekerja sama didalam mencapai suatu tujuan disitulah manajemen diperlukan. Bentuk dari organisasi sebenarnya sama dalam menjalankan manajemennya, karena manajemen yang sifatnya universal baik untuk perusahaan kecil, besar maupun multinasional dan lain sebagainya.
Manajemen dikatakan bersifat universal karena mengguanakan kerangka ilmu pengetahuan yang bersifat sistematis yang mencakup kaidah-kaidah atau rumusan-rumusan, konsep-konsep, prinsip-prinsip. Jadi bila ada seorang manajer mempunyai dan menggunakan pengetahuan dasar mengenai manajemen serta dapat menerapkan ilmu tersebut pada bentuk, situasi dan kondisi yang ada, maka manajer tersebut dapat menjalankan fungsi dan kondisi yang ada, maka manajer tersebut dapat menjalankan funsi manajerial yang ada secara efesien dan efektif.
Perusahaan dapat dipandang sebagai suatu sistem kerja sama, dan kerja sama ini ada karena orang secara pribadi tidak dapat mencapai sutu tujuan yang ditentukan semula. Tujuan tersebut akan tercapai hanya bila dengan melakukan kerja sama, karena hasil yang dicapai akan lebih besar dibandingkan bila hanya melakukan secara individu.
Ada tiga hal penting mengapa manajemen diperlukan :
1.    Untuk mewujudkan tujuan yang hendak dicapai baik tujuan organisasi ataupun tujuan pribadi.
2.    Mengembangkan antar tujuan yang berbeda dan slaing bertentangan, seperti kepentingan organisasi, perbankan, pelanggan, konsumen, serikat pekerja, asosiasi dagang, masyarakat dan pemerintah.

3.    Mencapai efisiensi dan efektifitas dalam mencapaian tujuan. Yang dimaksud efesiensi adalah kemampuan menyelesaikan suatu pekerjaan dengan benar, dicapai dan menghitung tingkat rasio dari out put dan in put. Berapa besar biaya yang dikeluarkan untuk mencapai tujuan dibandingkan dengan hasil atau pendapatan yang diterima dari tercapainya tujuan tersebut. Sedangkan efektifitas adalah kemampuan guna memilih berbagai alternatif atau metode yang ada guna mencapai tujuan yang diinginkan. 
Comment :
 In my opinion, management is needed for everyone because of the management functions to reach a goal within the organization or individual.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar