Jumat, 05 Juli 2013

MENINGKATKAN PRODUKTIFITAS KERJA

Produktifitas dalam kegiatan produksi sebagai perbandingan antara out ut dengan in put. Yang dimaksud dengan put put disini bisa terdiri dari penjualan (sales), earning (pendapatan), market share  dan kerusakan. Sedangkan yang mencakup biaya produksi (production cost), dan biaya peralatan (equipment cost).  Produktifitas dapat diguanakan sebagai tolak ukur keberhasilan suatu industri atau UKM dalam menghasilkan barang atau jasa. Sehingga semakin tinggi perbandingannya, berarti semakin tinggi pula produk yang dihasilkan.
Sebagai konsep filosofis, produktivitas mengandung pandangan hidup dan sikap mental yang selalu berusaha untuk meningkatkan mutu kehidupan dimana keadaan hari ini harus lebih baik dari hari kemarin, dan mutu kehidupan hari esok harus lebih baik dari hari ini. Hal inilah yang memberi dorongan untuk berusaha dan mengembangkan diri. Sedangkan konsep sistem, memberikan pedoman pemikiran bahwa pencapaian suatu tujuan harus ada kerja sama atau keterpaduan dari unsur-unsur yang relevan sebagai sistem.
Dapat dikatakan bahwa produktivitas adalah perbandingan antara hasil dari suatu pekerjaan karyawan dengan pengorbanan yang telah dikeluarkan. Hal ini sesuai dengan pendapat Sondang P. Siagian bahwa produktivitas adalah: “Kemampuan memperoleh manfaat yang sebesar-besarnya dari sarana dan prasarana yang tersedia dengan menghasilkan output yang optimal bahkan kalau mungkin yang maksimal.”

Banyak hasil penelitian yang memperlihatkan bahwa produktivitas sangat dipengaruhi oleh faktor: knowledge, skills, abilities, attitudes, dan behaviours dari para pekerja yang ada di dalam organisasi sehingga banyak program perbaikan produktivitas meletakkan hal-hal tersebut sebagai asumsi-asumsi dasarnya : 
Salah satu pengaruh produktivitas kerja tidak hanya dilihat dari segi efektifitas dan efiesiensi produksi, tetapi juga berkaitan dengan sikap mental karyawan yang selalu berkeinginan untuk meningkatkan kinerjanya terus menerus.
Inilah 12 tips untuk meningkatkan produktivitas kerja Anda.
1. Memiliki satu tujuan fokus 
2. Blokirlah gangguan tanpa ada rasa kasihan
3. Tentukan batas waktu setiap rapat 
4. Buatlah ritual produktivitas Anda. 
5. Bangunlah lebih pagi. 
6. Kelompokkan interupsi Anda. 
7. Lakukan outsourcing pada tugas Anda
8. Buatlah aturan pada email untuk menjaga ‘kewarasan’. 
9. Tangkap semua ide-ide kreatif. 
10. Tingkatkan efektivitas Anda dengan teknologi 
11. Jangan kehilangan informasi penting. Simpan lalu baca. nanti.
12. Jangan sungkan belajar dari orang lain.
Comment : 
In mt opinion, the above tips is not difficult to do. But it takes time to perform and customize it. In addition to these 12 tips, there is one very important key if you want to improve your work productivity, that is the intention. If we already have the intention, all must be a way

Tidak ada komentar:

Posting Komentar