Jumat, 05 Juli 2013

PENGUASAAN PASAR (SHARE MARKET)

Dalam kenyataannya, pasar tidak hanya dilayani oleh satu perusahaan saja. Banyak pesaing-pesaing perusahaan yang berusaha merebut untuk dapat memenuhi permintaan pasar. Oleh karena itu perusahaan perlu untuk meningkatkan kemampuan melayani pasar dan sekaligus juga untuk mengalahkan pesain-pesaingnya. Dengan kata lain, perusahaan perlu menguasai pasar. Perusahaan dapat memilih untuk mnguasai keseluruhan pasar atau hanya berniat menguasai sebagian saja.
Kemampuan menguasai pasar dapat dipandang sebagai salah satu keberhasilan. Tujuan perusahaan pada umunya adalah mempertahankan atau meningkatkan tingkat potensi pasar. Sehingga pencapaian tujuan berarti juga dianggap sebagai keberhasilan perusahaan.  Kedudukan perusahaan dipasar perusahaan berdasarkan tingkat potensi pasar, kedudukan masin-masing perusahaan dapat dilakukan urutan atau rangkaian dalam pasar persaingan.
Penguasaan keseluruhan pasar berdasar pada dua asumsi. Yaitu anggapan bahwa perilaku dan respon adalah relatif homogen atau tanggapan kedua bahwa perilaku pasar adalah relatif heterogen.
Anggapan bahwa perilaku dan respon pasar adalah relatif homogen berarti perusahaan tidak membedakan pasar. Pasar dianggap sebagai salah satu agregat yang komponen-komponennya mempunyai karakter dan perilaku sama.
Apabila anggapan bahwa produsen tentang pasar adaah relatif heterogen, berarti pemasar melihat pasar meliputi berbagai ragam pangsa pasar. Secara keseluruhan perilaku pasar adalah relative heterogen yang terdiri dari beberapa segmen dengan perilaku dan respon yang masing-masing adalah relatif homogen.
Comment :
I think, the market share is needed to realize the success of a company. However, the market share of Indonesia in the international trade system is still very minimal. This is what makes our economy more in favor of economic consumption rather than production economics, is what makes the advantages of natural resources and human resources we are not treated optimally.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar