Sabtu, 24 November 2012

BAHASA SEBAGAI ALAT KOMUNIKASI

Bahasa merupakan sesuatu yang mendasari kehidupan. Dan bahasa merupakan komponen yang paling penting dalam kelanjutan hidup manusia. Segala aktifitas yang kita lakukan harus diawali dengan bahasa. Manusia tidak akan melanjutkan hidup ini dengan baik dan teratur tanpa adanya bahasa. Bisa dikatakan bahwa bahasa sebagai bagian dari kebutuhan primer, sebagai pengatur, bahkan sebagai senjata yang paling ampuh untuk membentengi diri dari sesuatu. 

Bahasa adalah alat komunikasi antara anggota masyarakat berupa simbol bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Bahasa memberikan kemungkinan yang yang jauh lebih luas dan kompleks dari pada yang dapat diperoleh dari benda lain seperti lukisan, bunyi gendang atau tong-tong dan segainya. Bahasa haruslah merupakan bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Bukan dari sembarang bunyi. 

Komunikasi merupakan akibat yang lebih jauh dari ekspresi diri. Komunikasi tidak akan sempurna bila ekspresi diri kita tidak diterima atau dipahami oleh orang lain. Dengan komunikasi kita dapat menyampaikan semua yang kita rasakan, pikirkan, dan kita ketahui kepada orang-orang lain. Sebagai alat komunikasi, bahasa merupakan saluran perumusan maksud kita. Bahasa akan menghasilkan perasaan kita dan memungkinkan kita menciptakan kerja sama dengan orang lain. Sebagai atal komunikasi, bahasa merupakan saluran perumusan maksud kita, melahirkan perasaan kita dan memungkinkan kita menciptakan kerja sama dengan sesama warga. 

 Beberapa fungsi bahasa sebagai alat komunikasi :
1.      Bahasa merupakan akibat yang lebih lanjut dari ekspresi diri.
2.      Komunikasi tidak akan sempurna apabila ekspresi diri kita tidak dapat diterima atau dipahami.
3.      Bahasa sebagai alat komunikasi merupakan alat untuk merumuskan maksud dan tujuan kita.
4.      Dengan komunikasi, kita dapat mempelajari dan mewarisi semua yang pernah dicapai oleh nenek moyang kita dan apa yang telah dicapai oleh orang-orang sejaman kita. 

Di era globalisasi saat ini, seiring dengan lanjutnya perkembangan teknologi dan informasi sangat mempengaruhi penggunaan bahasa sebagai media komunikasi, ada dua sisi yang mempengaruhi sistem komunikasi dibalik kencanggihan teknologi informasi yang juga bagian dari media komunikasi yang pertama adalah pengaruh positif dimana media teknologi informasi sangat memperlancar hubungan komunikasi antar sesama. Disisi yang lain majunya perkembangan teknologi informasi dalam tanda kutip sangat mencendrai kaida atau tata cara dalam berbahasa.

Bahasa sebagai alat atau perwujudan budaya yang digunakan manusia untuk saling berkomunikasi atau berhubungan, baik lewat tulisan, lisan, ataupun gerakan (bahasa isyarat), dengan tujuan menyampaikan maksud hati atau kemauan kepada lawan bicaranya atau orang lain. Melalui bahasa, manusia dapat menyesuaikan diri dengan adat istiadat, tingkah laku, tata krama masyarakat, dan sekaligus mudah membaurkan dirinya dengan segala bentuk masyarakat. 

Bahasa memiliki beberapa fungsi yang dapat dibagi menjadi fungsi umum dan fungsi khusus. Fungsi bahasa secara umum adalah sebagai alat untuk berekspresi, berkomunikasi, dan alat untuk mengadakan integrasi dan adaptasi sosial. Sedangkan fungsi bahasa secara khusus adalah untuk mengadakan hubungan dalam pergaulan sehari-hari, mewujudkan seni (sastra), mempelajari naskah-naskah kuno, dan untuk mengeksploitasi ilmu pengetahuan dan teknologi

Apabila teknik manusia bertambah serta kebudayaan dan kebutuhan manusia meningkat, maka bahasa itu turut pula berkembang untuk dapat menampung semua apa yang telah dicapai oleh umat manusia sehingga komunikasi tidak mengalami kemacetan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar