Jumat, 09 Januari 2015

Menganalisa Jurnal Tentang Perilaku Konsumen Terhadap Pembelian Suatu Barang

PENGARUH PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN
PEMBELIAN
(Penelitian pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Angkatan 2012/2013
Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang Mengkonsumsi
Produk Mie Instan merek Indomie)


Didin Kartikasari
Zainul Arifin
Kadarisman Hidayat
Fakultas Ilmu Administrasi
Universitas Brawijaya


ABSTRAK

Penelitian ini menggunakan explanatory research dengan latar belakang bahwa  untuk mencapai tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian, dan pengujian hipotesis. Variabel  dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : Variabel Independen yaitu  budaya (X1 ), sosial (X2 ), pribadi ( X3) dan psikologis (X4 ), untuk variabel depende yaitu Struktur Keputusan Pembelian (Y). Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Administrasi Bisnis angkatan  2012/2013 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang mengkonsumsi produk Mie Instan Merek Indomie, dengan sampel sebanyak 109 responden yang diambil dengan cara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuesioner dan wawancara. Uji instrumen dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabelitas. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda.  Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan program SPSS 16.0 for windows. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa : Perilaku Konsumen (X) yang terdiri dari variabel budaya  (X1 ), sosial (X2 ), pribadi (X3 ) dan psikologis ( ) secara bersama – sama memiliki pengaruh terhadap Keputusan Pembelian (Y). Perilaku Konsumen yang terdiri dari variabel budaya  (X1) dan pribadi (X2 ) secara parsial tidak mempengaruhi Keputusan Pembelian (Y), sedangkan variabel sosial (X3 ), psikologis (X4) secara parsial mempengaruhi Keputusan Pembelian (Y). 

Kata Kunci : Perilaku Konsumen, Keputusan Pembelian

Analisis :
Dari judul jurnal diatas kita mengetahui bahwa penulis ingin mengetahui bahwa ada tidaknya pengaruh perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian produk mie instan merek Indomie.  Penelitian tersebut dilakukan di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya dan Administrasi Bisnis angkatan 2012/2013. Dalam penelitian tersebut penulis menjabarkan variabel sebagai berikut Budaya sebagai X1, Sosial sebagai X2, Pribadi sebagai X3, Psikologis sebagai X4, dan Keputusan Pembelian sebagai Y. Dengan menggunakan metode pengumpulan data yaitu kuesioner dan wawancara dan regresi linear berganda sebagai metode analisanya didapatkan hasil penelitian sebagai berikut :
Hasil penelitian menunjukan pengaruh secara bersama – sama variabel budaya (X1), sosial (X2), pribadi (X3) dan psikologis (X4) terhadap struktur keputusan pembelian (Y) dengan nilai sebesar 9,905 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) sehingga   ditolak. Hal ini dapat disimpulkan bahwa hipotesis pertama yang menyatakan bahwa diduga terdapat pengaruh secara bersama – sama variabel perilaku pembelian konsumen  yang terdiri dari budaya (X1), sosial (X2), pribadi (X3) dan psikologis (X4) dapat diterima.

 Hasil penelitian ini dengan responden mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis angkatan 2012/2013 menunjukan bahwa terdapat dua variabel yang tidak berpangaruh yaitu variabel budaya dan variabel pribadi. Variabel budaya (X1) tidak berpengaruh terhadap struktur keputusan pembelian (Y) karena probabilitas (Sig.) lebih besar dari 0,05 (0,548 > 0,05) dan variabel pribadi (X3) tidak berpengaruh terhadap struktur keputusan pembelian (Y) karena probabilitas (Sig.) lebih besar dari 0,05 (0,106 > 0,05). Pada variabel sosial (X2) menunjukan pengaruh terhadap struktur keputusan pembelian (Y) dengan probabilitas (Sig.) lebih kecil dari 0,05(0,040 < 0,05) sehingga hipotesis diterima. Variabel sosial (X2) ini terdiri dari kelompok referensi, keluarga, peran sosial dan status. Berdasarkan hasil penelitian, responden memberikan respon positif terhadap variabel sosial ini.  Pada variabel psikologis (X4) menunjukan pengaruh terhadap struktur keputusan pembelian (Y) denganprobabilitas (Sig.) lebih kecil dari 0,05 (0,011 < 0,05) sehingga hipotesis diterima. Variabel psikologis ini terdiri dari motivasi, persepsi, pembelajaran, serta keyakinan dan pendirian. Hasil pengujian hipotesis kedua menunjukan variabel sosial ( ), berpengaruh dominan terhadap struktur keputusan pembelian (Y). Responden yang merupakan mahasiswa lebih banyak melakukan interaksi dengan orang lain, sehingga dapat mempengaruhi keputusan pembelian. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar