Senin, 28 Januari 2013

ARTI DAN FUNGSI MANAJEMEN


Manajemen adalah senuah ilmu dan seni merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, mengkoordinasikan serta mengawasi para tenaga manusia dengan bantuan alat-alat untuk mencapai tujuan telaj ditetapkan. Mekanisme kerja dari fungsi-fungsi manajemen dimulai dengan adanya keinginan, kebutuhan, serta informasi. Adanya keinginan dan kebutuhan seseorang mendorong seseorang untuk melakukan suatu kegiatan. Maksud tersebut akan lebih terdorong untuk dilakukan bilamanatelah tersedia sejumlah informasi.
Setiap kegiatan yang dilakuakan oleh seseorang atau sebuah lembaga tentu mempunyai tujuan, dan untuk mencapai tujuan tersebut perlulah dibuat sebuah perencaan terlebih dahulu. Setelah perencanaan disusun, baru ditetapkan siapa yang kan melakukan, bagaimana pembagian kerjanya, bagaimana wewenang, tanggung jawab serta petanggung jawaban masing-masing kegiatan. Para pelaksan organisasi terdiri dari orang-orang yang mempunyai berbagai macam keinginan, kebutuhan serta pola piker yang berbeda-beda. Meskipun sudah diorganisir, didalam sebuah wadah organisasi belum tentu kegiatan seseorang searah dengan yang lain. Oleh karena itu, perlulah diadakan pengarahan agar masing-masing bersedia menyumbangkan tenaganya semaksimal mungkin untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Jadi untuk mecapai tujuan harus ada kegiatan, diamana kegiatan-kegiatan yang sama akan disatukan didalam suatu wadah yang disebut fungsi. Tentu saja fungsi yang harus dilakukan banyak dan berbeda-beda. Oleh karena itu, fungsi yang berbeda-beda ini perlu untuk dikoordinasikan sedemikian rupa. Supaya tidak terdapat kontradiksi anatr fungsi yang satu dengan yang lainnya untuk menuju kepada sasaran yang sama.
Sebuah rencana yang sudah ditetapkan sekarang digunakan untuk dilaksanakan pada waktu –waktu yang akan datang. Waktu yang akan datang, penuh dengan ketidakpastian yang akan sering menimbulkan berbagai akibat dan penyimpangan, sehingga hasil kerja yang telah dicapai tidak sesuai dengan apa yang telah direncanakan. Untuk menghilangkan atau menjaga agar penyimpangan yang terjadi tidak terlalu jauh dari rencananya, maka perlulah diadakannya sebuah pengawasan.
Tetapi, bukanlah berarti bahwa sebuah tugas pengawasan hanyalah menjaga agar penyimpangan tidak terlalu jauh melampaui standar yang ada, tetpi mancakup pula kegiatan-kegiatan untuk mecari kemungkinan terjadinya penyimpangan, dan mencegah agar penyimpangan tersebut tidak terjadi. Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa manajemen mempunyai lima fungsi, yaitu:
1.      Perencanaan
2.      Pengorganisasian
3.      Pengarahan
4.      Pengkoordinasian
5.      Pengawasan
Dalam janka panjang, mekanisme keja dari fungsi-fungsi manajemen ini berjalan secara kronologis, sedangkan dalam jangka pendek akan berjalan secara bersama-sama. Setelah fungsi terakhir (pengawasan) dilakukan, maka kegiatan berikutnya dilakukan dengan mengadakan perencanaan lagi. Terus akan berputar seperti itu. 



Swastha, Basu DH. dan Ibnu Sukotco, 1998. Pengantar Bisnis Modern. Liberty, Yogyakarta. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar