Kantor adalah setiap tempat yang biasanya dipergunakan
untuk melaksanakan pekerjaan tata usaha atau pekerjaan tulis menulis. Manajemen perkantoran adalah
pengarahan menyeluruh terhadap aktivitas-aktivitas ketatausahaan dari sebuah
kantor untuk mencapai tujuan dengan cara yang sehemat-hematnya.
Menurut Drs. Kamisa, kantor berarti: bangunan yang
dipakai untuk bekerja yang berkenaan dengan urusan administrasi. Menurut
Erns Neufert, bahwa didalam bangunan perkantoran pekerjaan utamanya adalah
dalam kegiatan penanganan informasi dan kegiatan pembuatan maupun pengambilan
keputusan berdasarkan informasi tersebut. Jadi perkantoran adalah bangunan yang
digunakan untuk pekerjaan administrasi dan manajerial.
Manajemen Kantor adalah Perencanaan, pengorganisasian,
pengarahan, pengkoordinasian dan pengawasan pekerjaan ketatausahaan untuk
mencapai tujuan yang telah diperkirakan.
Manajemen Kantor adalah seluruh
kegiatan penataan yang berhubungan dengan pelaksanaan tatausaha sebuah
organisasi agar proses tersebut mampu menyediakan informasi yang bermakna bagi
proses pembuatan keputusan.
Manajemen
kantor dapat ditinjau dari dua sudut penglihatan yang berbeda, yaitu dari sudut
manajemen dan dari sudut sasaran.
Manajemen bukan saja dapat dianggap sebagai suatu
jenis ilmu, tetapi juga aktivitas (kegiatan). Sebagai suatu ilmu dan aktivitas,
manajemen mempunyai sifat yang unik. Artinya, identitas manajemen berbeda dari
ilmu dan aktivitas lainnya.
Prosedur perkantoran adalah
sistem-sistem perkantoran atau urutan-urutan dari pada langkah-langkah
pelaksanaan –pelaksanaan pekerjaan kantor di dalam mana pekerjaan itu dilakukan
dan berhubungan dengan apa yang dilakukan, bagaimana melakukannya dimana dan
siapa yang melakukannya.
Pentinganya sistem perkantoran
karena :
1. Membuat pekerjaan kantor menjadi
lebih lancar.
2. Memberikan pengawasan yang lebih
baik melalui pengarahan.
3. Membuat koordinasi yang lebih baik
diantara bagian-bagian yang berbeda.
4. Dalam melaksanakan pekerjaan dengan
formulir-formulir perkantoran dan alat-alat pekerjaan tata usaha yang sangat
penting.
Perencanaan kantor meliputi segala
aktivitas peramalan mengenai hal ihwal yang harus dilakanakan dana cara-cara
pelaksanaannya dalam bidang tata usaha kantor. Maksud perencanaan kantor adalah
mencapai efesien yang tertinggi dalam pelaksanaan tata usaha tersebut.
Perencanaan kantor dapat meliputi perencanaan prosedur, perbekelalan dan tata
ruang kantor.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar